Wednesday, November 28, 2018

[Indonesia] Tutorial Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803

[Indonesia] Tutorial Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803

Tutorial Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803. Halo teman-teman semuanya, bagaimana kabar kalian? Saya harap kalian semua dalam keadaan baik-baik saja dan sehat selalu. Ngomong-ngomong seharusnya artikel yang saya buat ini berbahasa inggris, tetapi karena pada tutorial-tutorial sebelumnya banyak pengunjung dari Indonesia yang kebingungan, maka saya membuat 2 artikel yang sama tetapi berbeda bahasa, yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

Kembali ke topik utama, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan tema anime untuk windows 10 versi 1803. Bagi kalian yang sudah sering menggunakan tema anime pada windows 10, pasti sudah tahu hal umum yang harus dilakukan, yaitu patch file sistem windows terlebih dahulu. Patch file sistem windows dilakukan agar dapat menampilkan efek-efek dari tema yang akan kalian gunakan.

Patch Sistem Windows

Pertama-tama yang harus kalian siapkan adalah alat patch atau yang sering disebut dengan tool. Berikut beberapa tool patch yang dibutuhkan untuk mempermudah patch file sistem windows.

1. StartIsBack
Fungsi StartIsBack adalah untuk mengubah tampilan start menu windows 10 menjadi seperti tampilan start menu pada windows 7.

2. Classic CP
Fungsi Classic CP adalah untuk menambahkan jendela personalize classic di contol panel pada windows 10.

3. Ultra UXTheme Patcher
Fungsi Ultra UXTheme Patcher adalah untuk patch 3 file sistem windows 10. 3 file sistem tersebut adalah Uxtheme, Themeui dan Uxinit. Ke-3 file tersebut sangat beperan untuk menampilkan efek tema pada start menu, explorer, control panel dan lain-lain.

4. OldNewExplorer
Fungsi OldNewExplorer untuk mengubah tampilan explorer agar menjadi lebih sederhana seperti tampilan explorer pada windows 7.

5. ASW 8.1 Patcher
ASW 8.1 Patcher sebenarnya adalah patcher untuk windows 8.1. Tetapi ada 1 kesamaan dengan windows 10, yaitu pada bagian ribbon. Jadi ASW 8.1 Patcher yang kita gunakan disini adalah untuk disable ribbon pada explorer, agar efek tema bisa terlihat.

6. Signature Bypass
Fungsi Signature Bypass adalah untuk menampilkan semua efek tema yang masih tertutupi oleh tema dasar windows 10.

Download Tools
Download Windows 10 1803 Theme Patcher

Langkah-langkah Patch

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah membuat restore point terlebih dahulu. Setelah itu urutannya sama seperti diatas, tetapi agar lebih mudah dimengerti dan juga agar artikel ini tidak terlalu panjang, maka saya telah membuatkan video langkah-langkah patchnya. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik-baik dan hati-hati. Karena 1 kesalahan saja dapat membuat file sistem menjadi rusak dan akibatnya komputer bisa menjadi Blue Screen atau Black Screen.

Video Tutorial Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803


Beberapa Masalah yang Kemungkinan Terjadi dan Solusinya

Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada windows 10 versi 1703 dan 1709 yang kemungkinan bisa terjadi pada windows 10 versi 1803. Saya telah merangkum beberapa pertanyaan yang dikirimkan oleh pengunjung EnjiRiz-PC.

1. Efek tema tidak tampil di Start Menu
Jawaban: Instal StartIsback dan Ultra UXTheme Patcher

2. Efek tema tidak tampil di explorer

Jawaban: Untuk pertanyaan ini ada 3 hal yang bisa menjadi solusinya
- Instal Ultra UXTheme Patcher.
- Uninstal OldNewExplorer dan Signature Bypass, kemudian instal kembali (reinstal).
- Restart Explorer melalui Task Manager.

[Indonesia] Tutorial Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803

3. Efek tema tidak tampil di personalize
Jawaban: Uninstal Signature Bypass, kemudian instal kembali (reinstal).

Update Patch

Fungsi patch ini untuk menampilkan gambar pada bagian Control Panel Home, Klik Kanan dan Tab Properties. Hanya mendukung untuk tema baru yang saya buat.  Silahkan lihat gambar screenshoot tema untuk lebih jelasnya.

Download: GoogleDrive
Password: http://enjiriz-pc.blogspot.com

Itulah beberapa masalah yang kemungkinan terjadi dan solusinya yang telah saya rangkum. Jika ada pertanyaan lain silahkan tinggalkan dikomentar. Kalau begitu saya akhiri artikel ini. Semoga artikel ini bisa berguna dan dapat membantu kalian semuanya. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya dan tentu saja tidak kalah menarik.

Keywords: Tutorial Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803, Cara Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803, Panduan Menggunakan Tema Anime Windows 10 Versi 1803, Cara Memakai Tema Anime Windows 10 Versi 1803, Tema Anime Windows 10 versi 1803, Tutorial Tema Anime  Windows 10.
Load comments


EmoticonEmoticon